Minggu, 28 Mei 2017

Game Engine Bagian B (Perbandingan 2 Game Engine pada 1 Game)

Sebelumnya : 

Game Engine Bagian A (Penjelasan Game Engine)

Perbandingan 2 Game Engine antara Game Maker Studi dan Unity 3D Studio, terhadap 1 Game bertema Arcade dengan Judul Game “Super Mario Bros”. Yang kita ketahui bahwa Super Mario mempunyai 2 Versi yang dikembangkan dari Versi dulu sampai sekarang. Dari bentuk Visual 2D sampai 3D. Dan inilah hasil Analisa perbandingan 2 Game Engine tersebut terhadap Super Mario Game. Sebelumnya ketahui terlebih dahulu Penjelasan, Sejarah, dan Komponen masing-masing Game Engine :

A. Game Maker Studio

Game Maker : Karene ini adalah salah satu software yang banyak diminati oleh orang dan sudah banyak dikenal orang karena menyediakan beberapa  tool yang mempermudahkan seseorang yang tidak  berpengalaman dalam pemrograman untuk membuat game dengan cara drag and drop button-button yang tersedia dalam  game engine ini. Tetapi, jika kita ingin membuat pergerakan dan memberikan hal yang lebih yang lebih dalam game yang kita buat maka kita bisa menggunkan script kode yang kita tuliskan. Selain itu game maker juga menyediakan 2 versi yaitu lite dan pro dan hasil game yang dapat kita buat di software ini misal RTS, RPG, TD, maze, dan platform.


Penjelasan Game Maker
Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda membuat sebuah game komputer tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan bahasa programan. Dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer, dan anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.

Sejarah Game Maker
GameMaker (awalnya bernama Game Maker dan sering disingkat GM) awalnya dikembangkan oleh Mark Overmars dalam bahasa pemrograman Delphi. Saat ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Yoyo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak di mana Overmars secara tidak langsung terlibat dan pemegang saham besar GameMaker.

Game Maker awalnya berjudul Animo, dan dimulai sebagai program untuk membuat animasi 2D. Mark Overmars merilis versi publik pertama dari GameMaker (versi 1.1) pada tanggal 15 November 1999. Sementara versi Game Maker memiliki built-in scripting bahasa, yang tidak serumit seperti di versi yang lebih baru, dan beberapa versi berikutnya Game Maker tidak memiliki dukungan DirectX.

Setiap rilis utama mereka menambahkan fitur baru yang besar dan peningkatan stabilitas sambil mendapatkan terus dalam popularitas. Pada tahun 2001, versi 3.0 diimplementasikan DirectX untuk pertama kalinya, sementara versi 4.0 (dirilis Juli 2001) ditulis ulang dari awal, mengubah interface secara signifikan.

Bahasa Pemrograman Game Maker
GML adalah bahasa scripting utama yang ditafsirkan mirip dengan Java kompilasi Just-In-Time yang digunakan dalam GameMaker. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih meningkatkan dan mengendalikan desain permainan mereka melalui pemrograman konvensional, yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, efektif memanfaatkan pemrograman berorientasi objek.

         Image result for programming languages c++  Image result for programming languages c    Related image

Libraries Game Maker
Dalam Game Maker, serangkaian tindakan drag-and-drop disebut Libraries. Dalam Game Maker interface, libraries ini ditampilkan sebagai tab yang berisi ikon yang disebut Actions. Setiap Action adalah script GML atau fungsi yang pengguna dapat digunakan dalam permainan mereka. Game Maker dilengkapi dengan set standar perpustakaan yang berisi tindakan yang umum digunakan oleh kebanyakan game, melainkan juga memungkinkan untuk membuat libraries menggunakan Library Builder disediakan secara terpisah dari Game Maker. Ada banyak libraries bahwa pengguna Game Maker dapat men-download untuk menghindari menggunakan GML untuk mencapai tugas-tugas tertentu. Misalnya, jika user ingin membuat game 3D yang sederhana tetapi tidak memiliki pengalaman dengan GML, mereka dapat men-download 3D Libraries.



Kemampuan Grafik Game Maker
GameMaker terutama berjalan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis GameMaker ini mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya. Dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker dimasukkan DirectX, yang memungkinkan fungsi-fungsi grafis yang lebih canggih. Versi 7.0 (Mac OS X) menggunakan OpenGL untuk membuat sprites.

Dimulai dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker menambahkan Direct3D, yang memungkinkan penggunaan grafis 3D yang terbatas. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan atas, OpenGL digunakan untuk grafis 3D dan juga memungkinkan dukungan terbatas untuk model 3D yang sederhana. Converter digunakan untuk membuatnya mungkin untuk menggunakan format 3D yang lebih populer seperti .3 ds, dan .obj untuk digunakan dalam proyek 3D. Paket ekstensi seperti Ogre digunakan untuk memperluas fungsi dasar Game Maker ini. Hal ini juga mendukung kemampuan untuk membuat efek partikel seperti hujan, salju dan awan, namun tidak native dalam 3D kecuali melalui penggunaan Dynamic Link Library. Dukungan untuk mengedit 32-bit .png file ditambahkan dalam versi 8.0 dari perangkat lunak yang juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar dengan alpha channel.

Bagian - Bagian Game Maker
Di dalam game maker terdapat baberapa resource yang anda dapat gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.

Sprites:
- Gambar dari semua objek dalam game.

Sound:
- Efek efek suara agar game terasa lebih hidup.

Backgrouds:
- Gambar yang digunakan untuk latar belakang sebuah game yang sedang berlangsung.

Paths:
- Paths adalah lintasan yang diikuti oleh suatu objek dalam game.

Scripts:
- Bahasa Pemrograman pada GameMaker.

Fonts:
- Jenis huruf yang digunakan pada game.

Time Lines:

- Pemberian waktu pada objek dalam melakukan suatu Action pada game.

Objects:
- Kumpulan beberapa benda benda yang ada pada game.

Event:
- Pergerakan yang dilakukan oleh suatu objek apabila terjadi suatu peristiwa pada objek tersebut.

Room:
- Ruangan dimana game berjalan dan juga sebagai tempat untuk suatu objek untuk di letakan atau  tempat suatu objek untuk bergerak.

Game Option :
Pilihan pada game (Option)

Game Information :
Informasi yang ada pada game tersebut.

Image result for super mario in game maker

Kelebihan dan Kekurangan Game Maker
Game maker setahu kita itu aplikasi pembuat game termudah, tercepat. Nggak perlu coding dan nggak perlu pengetahuan khusus.

Kita sudah punya beberapa game maker, dan pasti rasanya beda saat dipake. Langsung aja buat yang mau download, silakan disimak baik-baik.


Kelebihan: bisa untuk bikin game android, windows 8, dan tizen.
Kekurangan: untuk meluncurkan gamenya agak lama.

NB: untuk yang ingin membuat game android dengan game maker ini, silakan klik disini.

Kelebihan: meluncurkan dan mengedit game lebih cepat dan ringan.
Kekurangan: hanya bisa untuk membuat game windows 7 ke bawah.

Kelebihan: bisa buat game online dan game windows.
Kekurangan: belum bisa untuk membuat game android, windows 8, dll.

Video lebih lengkap, Cara pembuatan Game Super Mario di Game Maker Studio


Recreating Super Mario in Game Maker | EP01 - Player Movement
Si pemain bergerak dari sisi kiri layar ke sisi kanan guna meraih tiang bendera yang terletak pada akhir setiap level. Jenis permainan ini mengandung delapan dunia. Tahap akhir terjadi di sebuah kastil dimana Bowser atau salah satu dari umpannya bertarung. Jenis permainan ini juga menampilkan tahap di dalam air dengan beragam musuh. Ada pula bonus dan daerah rahasia di dalam jenis permainan ini. Mayoritas daerah rahasia mengandung lebih banyak koin untuk dikumpulkan oleh Mario dan ada pula yang mengandung “pipa bengkok” sebagai jalan bagi Mario ke dunia selanjutnya dalam jenis permainan ini.

Recreating Super Mario in Game Maker | EP02 - Player Sprites
Mario memiliki beragam kekuatan yang terus bertambah sampai sekarang. Mario biasanya memiliki tiga buah kekuatan dasar seperti, Jamur untuk membesar, bunga api untuk membuat Mario menembakkan api dan bintang yang membuat Mario tidak bisa dilukai oleh serangan apapun.

Recreating Super Mario in Game Maker | EP03 - Creating World 1-1
Permainan ini terdiri dari 8 tingkatan dengan 4 sub tingkat masing-masingnya (tingkat 1-1 sampai 8-4). Musuh-musuh dalam permainan ini dihancurkan dengan menginjak sambil melompat. Selama dalam permainan, Mario akan mendapat koin dan bonus lain dengan menjedotkan balok bertanda tanya.

Recreating Super Mario in Game Maker | EP04 - Bricks, Blocks & code tweeking
Dalam game ini Sang tokoh utama mario harus menghancurkan blok bata untuk mendapatkan item atau hanya sekedar iseng menghancurkannya. Inilah yang membuat game ini mengerikan, bahwa dalam setiap blok bata yang dihancurkan berarti mario telah membunuh satu nyawa.

Recreating Super Mario in GameMaker | EP05 - Gamepad & faster movements
Dalam pengembangannya, control A digunakan untuk menembakkan peluru, B untuk lari dan Atas pada control pad untuk melompat. Di akhir kami menyadari bahwa kemampuan untuk menembak semua bola api memberikan mario terlalu banyak keuntungan, jadi kami malah memberinya cuma satu bola api saat mulai berlari. Itu membebaskan tombol A dan membuatnya menjadi tombol untuk melompat. Aku sangat ingin tombol A sebagai tombol Action dan Atas untuk melompat, tapi itu bekerja lebih baik akhirnya.


B. Unity 3D Game Engine

Unity : yang menjadi alasan dasar memakai game engine ini adalah salah satu software yang direkomendasikan oleh banyak orang  pertama kali saat tahu bahwasannya diterima diprodi teknologi game selain itu pengaplikasiain dari software 3D  ini juga dapat digunakan dengan mudah didukung dengan tool yang ada sekaligus beberapa tutorial yang telah menjamur di dunia maya tidak hanya itu didalam softaware ini juga mampu untuk menampilan grafik 2D, dan peggunaan software ini bisa kita gunakan di berbagai platform yakni web plugins, desktop platforms, consoles and mobile devices. Software ini juga menyediakan 2 versi yakin unity dan unity pro yang mana keduanya mempunyai kelebihan masing-masing.

Image result for unity

Penjelasan Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX.

Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.

Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box untuk menambahkan langit.

Fitur scripting yang disediakan, mendukung 3 bahasa pemrograman, JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and EasyMoving, rotating, dan scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga dengan Duplicating, removing, dan changing properties. Visual Properties Variables yang di definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor. Bisa digeser, di drag and drop, bisa memilih warna dengan color picker. Berbasis .NET. Artinya penjalanan program dilakukan dengan Open Source .NET platform, Mono.

Sejarah Unity 3D
Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark setelah game pertama mereka GooBall, gagal lagi dalam meraih sukses. Ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan berencana untuk membuat sebuah engine yang dapat digunakan oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies mendapat bantuan dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, and iGlobe Partners.

Kesuksesan Unity terletak pada fokus mereka untuk memenuhi kebutuhan indie developer yang tidak dapat membangun game engine mereka sendiri atau membeli lisensi game engine yang terlalu mahal. Fokus perusahaan ini adalah "Democratize game development" atau diterjemahkan sebagai "Demokrasi Pembangunan Game" dan membuat sebuah pembangunan game baik 2D maupun 3D bisa dicapai oleh banyak orang. Oleh siapa pun.

Pada tahun 2008, Unity melihat kebangkitan iPhone dan menjadi game engine pertama yang melakukan dukungan penuh pada platform tersebut. Unity sekarang di gunakan oleh 53.1% developers (termasuk mobile game developer) dengan ratusan game yang dirilis baik untuk iOS maupun Android. Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastis sejak pengumuman tersebut. Pada April 2012, Unity mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.

Unity sangat mampu melihat berbagai peluang dan perubahan. Hal inilah yang menjadikannya sebagai game engine "termurah" yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Ingat, Unity bisa digunakan untuk perorangan dan tidak selalu harus digunakan oleh sebuah studio game yang berjumlah ratusan orang.

Bahasa Pemrograman Unity 3D
Bahasa pemrograman yang digunakan bermacam-macam, mulai dari Javascript, C#, dan Boo. Scripting di dalam Unity 3D dapat menggunakan beberapa pilihan bahasa pemrograman, yaitu C++, Javascript, C#, atau Boo.

Pada unity, kita tidak bisa melakukan desain / modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain  Jadi jika kita ingin mendesain, kita memerlukan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx


 Image result for c# programming language Related image

Libraries Unity 3D
Unity merupakan sebuah engine yang sangat powerfull untuk mengembangkan game. Kalau boleh kita katakan, Unity merupakan tools serba bisa untuk mengembangkan game. Unity dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis game seperti Role Playing Game (RPG), First Person Shooter (FPS) dsb. Dalam Unitypun sudah didukung berbagai library atau tools yang cukup ampuh unutuk mendukung pembuatan game. Sebut saja component physics NVidia Phisx secara default akan disematkan di unity untuk mempermudah mengaplikasikan hukum-hukum fisika pada sebuah object. Dari segi AI unity juga membenamkan component path finding secara default sehingga akan lebih mempermudah programmer untuk mengembangkan game yang memiliki musuh dengan AI yang mengaplikasikan pathfinding.

Namun, dengan segala bentuk kesaktiannya bukan berarti Unity dapat melakukan segala hal. Ada masih banyak hal yang mungkin tidak dapat dilakukan dengan baik di Unity, sehingga seorang programmer harus merancangnya dari awal. Sebut saja 2D sprite manager, Unity (sampai versi Unity 4) setahu kita belum memberikan fitur untuk menjalankan sprite 2D di enginenya. Untuk itu seorang programmer harus bersusah payah untuk membuat sprite manager agar dapat membuat game 2D di Unity. Untungnya, dari keterbatasan ini unity menyediakan fitur package dalam exstensi .unitypackage yang memungkinkan seorang pengembang pihak ketiga membuat sebuah project library tambahan untuk meningkatkan kesaktian engine ini. Mungkin cukup dulu basa basinya, dan berikut adalah beberapa lib yang menurut kita sangat bermanfaat untuk mengembangkan game :

Augmented reality (realitas tertambah)
Vuforia SDK (free) >> https://www.vuforia.com/ >> Yang ini sudah kita tulis tutorialnya disini

2D Sprite Manager (tools untuk membuat sprite dalam mengembangkan game 2D)
Orthello (free & berbayar) >> http://www.wyrmtale.com/orthello/

Path Finding (mencari rute jalan)
Arongranberg (Metode A*, free & berbayar) >> http://www.arongranberg.com/

Image result for unity super mario

Kemampuan Grafik Unity 3D
Menurut Goldstone (2009, p.1), Mengatakan Unity adalah game authoring tools untuk Mac dan PC. Unity yang berbasis 3D menggunakan Direct3D (Windows), OpenGL (Windows, Mac, Linux), OpenGL ES (Android) sebagai graphic engine. Lingkungan dari pengembangan Unity 3D berjalan pada Microsoft Windows dan Mac Os X, serta permainan yang dibuat oleh Unity dapat berjalan pada Windows, Mac, Xbox 360, Playstation 3, Wii, iPad, iPhone, dan tidak ketinggalan pada platform Android. Unity juga dapat membuat game berbasis browser yang menggunakan Unity web player plugin, yang dapat bekerja pada Mac dan Windows, tapi tidak pada Linux. Web player yang dihasilkan juga digunakan untuk pengembangan pada widgets Mac.

Meskipun Unity digunakan secara luas untuk menciptakan game, Unity juga mempunyai kapabilitas untuk menciptakan aplikasi di luar ranah entertainment dengan memanfaatkan kemampuan Unity untuk melakukan render grafik 3D atau 2D dengan cepat menggunakan GPU atau engine physics-nya, misalnya aplikasi arsitektural, aplikasi instruksi interaktif atau aplikasi presentasi produk. Unity memiliki built-in scripting engine bernama Mono.


Related image

Bagian - Bagian Unity 3D
Di dalam Unity terdapat baberapa tab yang anda dapat gunakan seperti dibawah ini.

Hierarchy
- Pada tab ini berfungsi untuk memasukkan object yang akan tampil di game kita

Inspector
- pada tab ini digunakan untuk mengedit property object yang diklik pada komponen object yang berada di Tab Hierarchy, pada Tab ini juga digunakan untuk menyunting dan menambahkan komponen-komponen object, seperti Script

Project
- Berisi semua bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan game kita, dibagian ini sebagai tempat berbagai macam bentuk komponen seperti Folder, Animasi, Script, Image, Object3D, Assets, Material, dan masih banyak lagi

Console
- Pada bagian ini adalah tempat penampilan pesan error dalam project kita, tapi paling sering terjadi pesan error saat pembuatan Script yang tidak dikenali oleh System atau kesalahan-kesalahan dalam pembuatan script

Scene
- ini berisi ruangan / tempat dimana kita meletakan komponen seperti Camera, Terrain, Object, dll. Pada Tab ini kita melakukan penempatan atau pengerjaan game secara keseluruhan dengan object yang bearada di Tab Assets

Game
- Ini sebagai tempat Game di uji coba, dimana kita bisa menjalankannya dengan mengklik tombol Play

Kelebihan dan Kekurangan Unity 3D
Unity 3d sangat cocok digunakan bagi para designer video game karena dengan dukungan GUI yang memudahkan kita untuk membuat mengedit dan membuat script untuk menciptakan sebuah game 3D dan merupakan software yang multiplatform.

Adapun kelebihan dan kekurangan Unity 3d adalah sebagai berikut :
Kekurangan :
  • Memori yang digunakan banyak
  • Butuh penyesuaian yang agak kompleks pada saat mau develop game 2d tanpa bantuan plugin
  • Perlu penyesuaian mengikuti gaya component based
Kelebihan :

  • Gratis
  • Multiplatform
  • Mempercepat desain level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG
Video lebih lengkap, Cara pembuatan Game Super Mario di Unity 3D


How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 001

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 002 - Textures & Depth

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 004 - Import Player & Camera

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 005 - Destroying Blocks

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 006 – Animation

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 007 - Additional Cameras

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 008 - Fade Screens & Sounds

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 009 - Spin Coins & Display UI

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 010 - More Green Pipes

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 011 - Part A - Coins & Enemies

 How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 011 - Part B - Coins & Enemies

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 012 - Question Mark Box & Animation

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 013 - Red Mushroom & Restarting Level

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 014 - Life, Death, Main Menu & Game Over

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 015 - Death Script Modification

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 016 - Castle & Level Design

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 017 - Ledges & Fire

How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 018 - Timer & More Death


Jadi, kesimpulannya adalah bahwa Game Engine di atas berbeda, walaupun Tema Game sama yaitu Game Arcade dan Judul Game sama yaitu Super Mario Bros Game, tapi tetap pada platform, grafik dan Game Enginenya berbeda.

Dari Analisis ini saya simpulkan bahwa Game Super Mario pada Game Maker membuat Game dengan Grafik 2D dengan view camera game pada sisi samping kanan, dan Shading serta bentuk 3D belum terbentuk pada Game Engine ini.

Sedangkan Unity, game engine yang memaksimalkan Grafik 3D pada Game Super Mario ini, dan membuat Efek Bayangan dan Realistiknya lebih bagus. (Lebih Real).

Lebih lengkapnya bisa dilihat di Video ini :
Analysing Mario to Master Super Mario Maker | Game Maker's Toolkit

Referensi :
  1. http://blog-habibie.blogspot.co.id/2012/04/unity3d-cross-platform-game-engine.html
  2. https://teknojurnal.com/unity/
  3. https://anixmw11.wordpress.com/2011/01/06/rahasia-game-super-mario-yang-belum-kita-ketahui/
  4. http://lecturesfromyulius.blogspot.co.id/2017/05/misteri-dan-sejarah-game-super-mario.html
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Super_Mario_Bros.
  6. https://app.jalantikus.com/news/full-screen-mario-game-mario-berbasis-html5/
  7. http://ade-nova.blogspot.co.id/2011/05/mengenal-karakter-mario-pada-super.html
  8. http://belajar-unity3d.blogspot.co.id/2015/06/fungsi-fungsi-dari-menu-bar-dan-tab-tab.html
  9. http://tutorialunity99.blogspot.com/2016/01/bagian-bagian-interface-pada-unity.html
  10. https://gurusakti.wordpress.com/2012/03/14/berkenalan-lebih-jauh-dengan-game-engine-unity3d-for-beginner/
  11. http://blog-habibie.blogspot.co.id/2012/04/unity3d-cross-platform-game-engine.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar