Sebelumnya :
Game Engine Bagian A (Penjelasan Game Engine)
Perbandingan 2 Game Engine antara Game Maker Studi dan Unity 3D Studio, terhadap 1 Game bertema Arcade dengan Judul Game “Super Mario Bros”. Yang kita ketahui bahwa Super Mario mempunyai 2 Versi yang dikembangkan dari Versi dulu sampai sekarang. Dari bentuk Visual 2D sampai 3D. Dan inilah hasil Analisa perbandingan 2 Game Engine tersebut terhadap Super Mario Game. Sebelumnya ketahui terlebih dahulu Penjelasan, Sejarah, dan Komponen masing-masing Game Engine :
Game Engine Bagian A (Penjelasan Game Engine)
Perbandingan 2 Game Engine antara Game Maker Studi dan Unity 3D Studio, terhadap 1 Game bertema Arcade dengan Judul Game “Super Mario Bros”. Yang kita ketahui bahwa Super Mario mempunyai 2 Versi yang dikembangkan dari Versi dulu sampai sekarang. Dari bentuk Visual 2D sampai 3D. Dan inilah hasil Analisa perbandingan 2 Game Engine tersebut terhadap Super Mario Game. Sebelumnya ketahui terlebih dahulu Penjelasan, Sejarah, dan Komponen masing-masing Game Engine :
A. Game Maker Studio
Game Maker : Karene ini adalah
salah satu software yang banyak diminati oleh orang dan sudah banyak dikenal
orang karena menyediakan beberapa tool yang mempermudahkan seseorang
yang tidak berpengalaman dalam pemrograman untuk membuat game dengan
cara drag and drop button-button yang tersedia dalam game engine
ini. Tetapi, jika kita ingin membuat pergerakan dan memberikan hal yang lebih
yang lebih dalam game yang kita buat maka kita bisa menggunkan script kode yang
kita tuliskan. Selain itu game maker juga menyediakan 2 versi yaitu lite dan
pro dan hasil game yang dapat kita buat di software ini misal RTS, RPG, TD,
maze, dan platform.
Penjelasan Game Maker
Game Maker adalah sebuah game engine
yang bisa membantu anda membuat sebuah game komputer tanpa menggunakan codingan
yang banyak dengan bahasa programan. Dengan game maker anda dapat membuat game
2D, 3D atau multiplayer, dan anda juga mempunyai hak penuh terhadap game yang
anda buat.
Sejarah Game
Maker
GameMaker (awalnya bernama Game Maker
dan sering disingkat GM) awalnya dikembangkan oleh Mark Overmars dalam bahasa
pemrograman Delphi. Saat ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Yoyo Games,
sebuah perusahaan perangkat lunak di mana Overmars secara tidak langsung
terlibat dan pemegang saham besar GameMaker.
Game Maker awalnya berjudul Animo, dan
dimulai sebagai program untuk membuat animasi 2D. Mark Overmars merilis versi
publik pertama dari GameMaker (versi 1.1) pada tanggal 15 November 1999.
Sementara versi Game Maker memiliki built-in scripting bahasa, yang tidak
serumit seperti di versi yang lebih baru, dan beberapa versi berikutnya Game
Maker tidak memiliki dukungan DirectX.
Setiap rilis utama mereka menambahkan
fitur baru yang besar dan peningkatan stabilitas sambil mendapatkan terus dalam
popularitas. Pada tahun 2001, versi 3.0 diimplementasikan DirectX untuk pertama
kalinya, sementara versi 4.0 (dirilis Juli 2001) ditulis ulang dari awal,
mengubah interface secara signifikan.
Bahasa Pemrograman
Game Maker
GML adalah bahasa scripting utama yang
ditafsirkan mirip dengan Java kompilasi Just-In-Time yang
digunakan dalam GameMaker. Hal ini memungkinkan pengguna untuk lebih
meningkatkan dan mengendalikan desain permainan mereka melalui pemrograman
konvensional, yang bertentangan dengan sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML
meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C + + dan Java, efektif memanfaatkan
pemrograman berorientasi objek.
Libraries Game Maker
Dalam Game Maker, serangkaian tindakan
drag-and-drop disebut Libraries. Dalam Game Maker interface, libraries ini
ditampilkan sebagai tab yang berisi ikon yang disebut Actions. Setiap Action
adalah script GML atau fungsi yang pengguna dapat digunakan dalam permainan
mereka. Game Maker dilengkapi dengan set standar perpustakaan yang berisi
tindakan yang umum digunakan oleh kebanyakan game, melainkan juga memungkinkan
untuk membuat libraries menggunakan Library Builder disediakan secara terpisah
dari Game Maker. Ada banyak libraries bahwa pengguna Game Maker dapat
men-download untuk menghindari menggunakan GML untuk mencapai tugas-tugas
tertentu. Misalnya, jika user ingin membuat game 3D yang sederhana tetapi tidak
memiliki pengalaman dengan GML, mereka dapat men-download 3D Libraries.
Kemampuan Grafik
Game Maker
GameMaker terutama berjalan game yang
menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis GameMaker ini mengalami perbaikan yang
signifikan dengan setiap versi rilis utama, memungkinkan untuk fungsionalitas
tambahan termasuk penyesuaian alpha lebih efisien dan pengaturan pencampuran
untuk sprite dan bentuk lainnya. Dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker
dimasukkan DirectX, yang memungkinkan fungsi-fungsi grafis yang lebih canggih.
Versi 7.0 (Mac OS X) menggunakan OpenGL untuk membuat sprites.
Dimulai dengan versi 6.0 (Windows), Game
Maker menambahkan Direct3D, yang memungkinkan penggunaan grafis 3D yang
terbatas. Untuk versi 7.0 (Macintosh) dan atas, OpenGL digunakan untuk grafis
3D dan juga memungkinkan dukungan terbatas untuk model 3D yang sederhana.
Converter digunakan untuk membuatnya mungkin untuk menggunakan format 3D yang
lebih populer seperti .3 ds, dan .obj untuk digunakan dalam proyek 3D. Paket
ekstensi seperti Ogre digunakan untuk memperluas fungsi dasar Game Maker ini.
Hal ini juga mendukung kemampuan untuk membuat efek partikel seperti hujan,
salju dan awan, namun tidak native dalam 3D kecuali melalui penggunaan Dynamic
Link Library. Dukungan untuk mengedit 32-bit .png file ditambahkan dalam versi
8.0 dari perangkat lunak yang juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan
gambar dengan alpha channel.
Bagian - Bagian
Game Maker
Di dalam game maker terdapat baberapa
resource yang anda dapat gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.
Sprites:
- Gambar dari semua objek dalam game.
Sound:
- Efek efek suara agar game terasa lebih hidup.
Backgrouds:
- Gambar yang digunakan untuk latar belakang sebuah game yang sedang berlangsung.
Paths:
- Paths adalah lintasan yang diikuti oleh suatu objek dalam game.
Scripts:
- Bahasa Pemrograman pada GameMaker.
Fonts:
- Jenis huruf yang digunakan pada game.
Time Lines:
- Pemberian waktu pada objek dalam melakukan suatu Action pada game.
Objects:
- Kumpulan beberapa benda benda yang ada pada game.
Event:
- Pergerakan yang dilakukan oleh suatu objek apabila terjadi suatu peristiwa pada objek tersebut.
Room:
- Ruangan dimana game berjalan dan juga sebagai tempat untuk suatu objek untuk di letakan atau tempat suatu objek untuk bergerak.
Game Option :
Pilihan pada game (Option)
Game Information :
Informasi yang ada pada game tersebut.
Kelebihan dan
Kekurangan Game Maker
Game maker setahu
kita itu aplikasi pembuat game termudah, tercepat. Nggak perlu coding dan nggak
perlu pengetahuan khusus.
Kita sudah punya beberapa game maker, dan pasti rasanya beda saat dipake. Langsung aja buat yang mau download, silakan disimak baik-baik.
Kelebihan: bisa untuk bikin game android, windows 8, dan tizen.
Kekurangan: untuk meluncurkan gamenya agak lama.
NB: untuk yang ingin membuat game android dengan game maker ini, silakan klik disini.
Kelebihan: meluncurkan dan mengedit game lebih cepat dan ringan.
Kekurangan: hanya bisa untuk membuat game windows 7 ke bawah.
Kelebihan: bisa buat game online dan game windows.
Video lebih lengkap, Cara pembuatan Game Super Mario di Game Maker Studio
Recreating Super Mario in Game Maker | EP01 -
Player Movement
Si pemain bergerak dari sisi kiri layar
ke sisi kanan guna meraih tiang bendera yang terletak pada akhir setiap level.
Jenis permainan ini mengandung delapan dunia. Tahap akhir terjadi di sebuah
kastil dimana Bowser atau salah satu dari umpannya bertarung. Jenis permainan
ini juga menampilkan tahap di dalam air dengan beragam musuh. Ada pula bonus
dan daerah rahasia di dalam jenis permainan ini. Mayoritas daerah rahasia
mengandung lebih banyak koin untuk dikumpulkan oleh Mario dan ada pula yang
mengandung “pipa bengkok” sebagai jalan bagi Mario ke dunia selanjutnya dalam
jenis permainan ini.
Recreating Super Mario in Game Maker | EP02 -
Player Sprites
Mario memiliki
beragam kekuatan yang terus bertambah sampai sekarang. Mario biasanya memiliki
tiga buah kekuatan dasar seperti, Jamur untuk membesar, bunga api untuk membuat
Mario menembakkan api dan bintang yang membuat Mario tidak bisa dilukai oleh
serangan apapun.
Recreating Super Mario in Game Maker | EP03 -
Creating World 1-1
Permainan ini
terdiri dari 8 tingkatan dengan 4 sub tingkat masing-masingnya (tingkat 1-1
sampai 8-4). Musuh-musuh dalam permainan ini dihancurkan dengan menginjak
sambil melompat. Selama dalam permainan, Mario akan mendapat koin dan bonus
lain dengan menjedotkan balok bertanda tanya.
Recreating Super Mario in Game Maker | EP04 -
Bricks, Blocks & code tweeking
Dalam game ini
Sang tokoh utama mario harus menghancurkan blok bata untuk mendapatkan item
atau hanya sekedar iseng menghancurkannya. Inilah yang membuat game ini
mengerikan, bahwa dalam setiap blok bata yang dihancurkan berarti mario telah
membunuh satu nyawa.
Recreating Super Mario in GameMaker | EP05 -
Gamepad & faster movements
Dalam
pengembangannya, control A digunakan untuk menembakkan peluru, B untuk lari dan
Atas pada control pad untuk melompat. Di akhir kami menyadari bahwa kemampuan
untuk menembak semua bola api memberikan mario terlalu banyak keuntungan, jadi
kami malah memberinya cuma satu bola api saat mulai berlari. Itu membebaskan
tombol A dan membuatnya menjadi tombol untuk melompat. Aku sangat ingin tombol
A sebagai tombol Action dan Atas untuk melompat, tapi itu bekerja lebih baik
akhirnya.
B. Unity 3D Game Engine
Unity :
yang menjadi alasan dasar memakai game engine ini adalah salah satu software
yang direkomendasikan oleh banyak orang pertama kali saat tahu
bahwasannya diterima diprodi teknologi game selain itu pengaplikasiain dari
software 3D ini juga dapat digunakan dengan mudah didukung dengan
tool yang ada sekaligus beberapa tutorial yang telah menjamur di dunia maya
tidak hanya itu didalam softaware ini juga mampu untuk menampilan grafik 2D,
dan peggunaan software ini bisa kita gunakan di berbagai platform yakni web
plugins, desktop platforms, consoles and mobile devices. Software ini
juga menyediakan 2 versi yakin unity dan unity pro yang mana keduanya mempunyai
kelebihan masing-masing.
Penjelasan Unity 3D
Unity 3D adalah sebuah game engine yang
berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang
bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan
bahkan X-BOX.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang
terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa
untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin,
yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Unity tidak dirancang untuk proses
desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin
mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal
yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect,
dan Sky Box untuk menambahkan langit.
Fitur scripting yang disediakan,
mendukung 3 bahasa pemrograman, JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and
EasyMoving, rotating, dan scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga
dengan Duplicating, removing, dan changing properties. Visual Properties Variables
yang di definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor. Bisa digeser, di
drag and drop, bisa memilih warna dengan color picker. Berbasis .NET. Artinya
penjalanan program dilakukan dengan Open Source .NET platform, Mono.
Sejarah Unity 3D
Unity Technologies dibangun pada tahun
2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO)
di Copenhagen, Denmark setelah game pertama mereka GooBall, gagal lagi dalam
meraih sukses. Ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah
pengembangan game dan berencana untuk membuat sebuah engine yang dapat
digunakan oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies mendapat
bantuan dana dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, and iGlobe Partners.
Kesuksesan Unity terletak pada fokus
mereka untuk memenuhi kebutuhan indie developer yang tidak dapat membangun game
engine mereka sendiri atau membeli lisensi game engine yang terlalu mahal.
Fokus perusahaan ini adalah "Democratize game development" atau
diterjemahkan sebagai "Demokrasi Pembangunan Game" dan membuat sebuah
pembangunan game baik 2D maupun 3D bisa dicapai oleh banyak orang. Oleh siapa
pun.
Pada tahun 2008, Unity melihat
kebangkitan iPhone dan menjadi game engine pertama yang melakukan dukungan
penuh pada platform tersebut. Unity sekarang di gunakan oleh 53.1% developers
(termasuk mobile game developer) dengan ratusan game yang dirilis baik untuk
iOS maupun Android. Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka
secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastis sejak
pengumuman tersebut. Pada April 2012, Unity mencapai popularitas yang sangat
tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.
Unity sangat mampu melihat berbagai peluang
dan perubahan. Hal inilah yang menjadikannya sebagai game engine
"termurah" yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia.
Ingat, Unity bisa digunakan untuk perorangan dan tidak selalu harus digunakan
oleh sebuah studio game yang berjumlah ratusan orang.
Bahasa Pemrograman Unity 3D
Bahasa pemrograman yang digunakan
bermacam-macam, mulai dari Javascript, C#, dan Boo. Scripting di dalam Unity 3D
dapat menggunakan beberapa pilihan bahasa pemrograman, yaitu C++, Javascript,
C#, atau Boo.
Pada unity, kita tidak bisa melakukan
desain / modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain Jadi jika kita ingin mendesain, kita
memerlukan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender, kemudian kita export
menjadi format .fbx
Libraries Unity 3D
Unity merupakan sebuah engine yang
sangat powerfull untuk mengembangkan game. Kalau boleh kita katakan, Unity
merupakan tools serba bisa untuk mengembangkan game. Unity dapat digunakan
untuk mengembangkan berbagai jenis game seperti Role Playing Game (RPG), First
Person Shooter (FPS) dsb. Dalam Unitypun sudah didukung berbagai library atau
tools yang cukup ampuh unutuk mendukung pembuatan game. Sebut saja component
physics NVidia Phisx secara default akan disematkan di unity untuk mempermudah
mengaplikasikan hukum-hukum fisika pada sebuah object. Dari segi AI unity juga
membenamkan component path finding secara default sehingga akan lebih
mempermudah programmer untuk mengembangkan game yang memiliki musuh dengan AI
yang mengaplikasikan pathfinding.
Namun, dengan segala bentuk kesaktiannya
bukan berarti Unity dapat melakukan segala hal. Ada masih banyak hal yang
mungkin tidak dapat dilakukan dengan baik di Unity, sehingga seorang programmer
harus merancangnya dari awal. Sebut saja 2D sprite manager, Unity (sampai versi
Unity 4) setahu kita belum memberikan fitur untuk menjalankan sprite 2D di
enginenya. Untuk itu seorang programmer harus bersusah payah untuk membuat
sprite manager agar dapat membuat game 2D di Unity. Untungnya, dari
keterbatasan ini unity menyediakan fitur package dalam exstensi .unitypackage
yang memungkinkan seorang pengembang pihak ketiga membuat sebuah project
library tambahan untuk meningkatkan kesaktian engine ini. Mungkin cukup dulu
basa basinya, dan berikut adalah beberapa lib yang menurut kita sangat
bermanfaat untuk mengembangkan game :
Augmented
reality (realitas tertambah)
Vuforia SDK (free) >> https://www.vuforia.com/ >> Yang
ini sudah kita tulis tutorialnya disini
2D
Sprite Manager (tools untuk membuat sprite dalam mengembangkan game 2D)
Orthello (free & berbayar) >> http://www.wyrmtale.com/orthello/
2DToolkit (berbayar) >> http://www.unikronsoftware.com/2dtoolkit/
Arongranberg (Metode A*, free &
berbayar) >> http://www.arongranberg.com/
Kemampuan Grafik Unity 3D
Menurut Goldstone (2009, p.1),
Mengatakan Unity adalah game authoring tools untuk Mac dan PC. Unity yang
berbasis 3D menggunakan Direct3D (Windows), OpenGL (Windows, Mac, Linux),
OpenGL ES (Android) sebagai graphic engine. Lingkungan dari pengembangan Unity
3D berjalan pada Microsoft Windows dan Mac Os X, serta permainan yang dibuat
oleh Unity dapat berjalan pada Windows, Mac, Xbox 360, Playstation 3, Wii,
iPad, iPhone, dan tidak ketinggalan pada platform Android. Unity juga dapat
membuat game berbasis browser yang menggunakan Unity web player plugin, yang
dapat bekerja pada Mac dan Windows, tapi tidak pada Linux. Web player yang
dihasilkan juga digunakan untuk pengembangan pada widgets Mac.
Meskipun Unity digunakan secara luas
untuk menciptakan game, Unity juga mempunyai kapabilitas untuk menciptakan
aplikasi di luar ranah entertainment dengan memanfaatkan kemampuan Unity untuk
melakukan render grafik 3D atau 2D dengan cepat menggunakan GPU atau engine
physics-nya, misalnya aplikasi arsitektural, aplikasi instruksi interaktif atau
aplikasi presentasi produk. Unity memiliki built-in scripting engine bernama
Mono.
Bagian - Bagian Unity 3D
Di dalam Unity terdapat baberapa tab yang
anda dapat gunakan seperti dibawah ini.
Hierarchy
- Pada tab ini berfungsi untuk
memasukkan object yang akan tampil di game kita
Inspector
- pada tab ini digunakan untuk mengedit
property object yang diklik pada komponen object yang berada di Tab Hierarchy,
pada Tab ini juga digunakan untuk menyunting dan menambahkan komponen-komponen
object, seperti Script
Project
- Berisi semua bahan-bahan yang akan
kita gunakan dalam pembuatan game kita, dibagian ini sebagai tempat berbagai
macam bentuk komponen seperti Folder, Animasi, Script, Image, Object3D, Assets,
Material, dan masih banyak lagi
Console
- Pada bagian ini adalah tempat
penampilan pesan error dalam project kita, tapi paling sering terjadi pesan
error saat pembuatan Script yang tidak dikenali oleh System atau
kesalahan-kesalahan dalam pembuatan script
Scene
- ini berisi ruangan / tempat dimana
kita meletakan komponen seperti Camera, Terrain, Object, dll. Pada Tab ini kita
melakukan penempatan atau pengerjaan game secara keseluruhan dengan object yang
bearada di Tab Assets
Game
- Ini sebagai tempat Game di uji coba,
dimana kita bisa menjalankannya dengan mengklik tombol Play
Kelebihan dan Kekurangan Unity 3D
Unity 3d sangat cocok digunakan bagi
para designer video game karena dengan dukungan GUI yang memudahkan kita untuk
membuat mengedit dan membuat script untuk menciptakan sebuah game 3D dan
merupakan software yang multiplatform.
Adapun kelebihan dan kekurangan Unity 3d adalah sebagai berikut :
Kekurangan :
- Memori
yang digunakan banyak
- Butuh
penyesuaian yang agak kompleks pada saat mau develop game 2d tanpa bantuan
plugin
- Perlu penyesuaian mengikuti gaya component based
Kelebihan :
- Gratis
- Multiplatform
- Mempercepat
desain level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 001
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 002 - Textures & Depth
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 004 - Import Player & Camera
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 005 - Destroying Blocks
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 006 – Animation
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 007 - Additional Cameras
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 008 - Fade Screens & Sounds
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 009 - Spin Coins & Display UI
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 010 - More Green Pipes
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 011 - Part A - Coins & Enemies
How To Make A Super Mario Game In Unity 5 Tutorial - Part 011 - Part B - Coins & Enemies
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 012 - Question Mark Box & Animation
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 013 - Red Mushroom & Restarting Level
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 014 - Life, Death, Main Menu & Game Over
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 015 - Death Script Modification
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 016 - Castle & Level Design
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 017 - Ledges & Fire
How To Make A Super Mario Game In Unity 5
Tutorial - Part 018 - Timer & More Death
Jadi, kesimpulannya adalah bahwa Game Engine di atas berbeda, walaupun Tema Game sama yaitu Game Arcade dan Judul Game sama yaitu Super Mario Bros Game, tapi tetap pada platform, grafik dan Game Enginenya berbeda.
Dari Analisis ini saya simpulkan bahwa Game Super Mario pada Game Maker membuat Game dengan Grafik 2D dengan view camera game pada sisi samping kanan, dan Shading serta bentuk 3D belum terbentuk pada Game Engine ini.
Sedangkan Unity, game engine yang memaksimalkan Grafik 3D pada Game Super Mario ini, dan membuat Efek Bayangan dan Realistiknya lebih bagus. (Lebih Real).
Lebih lengkapnya bisa dilihat di Video ini :
Analysing Mario to Master Super Mario Maker | Game Maker's Toolkit
Referensi :
- http://blog-habibie.blogspot.co.id/2012/04/unity3d-cross-platform-game-engine.html
- https://teknojurnal.com/unity/
- https://anixmw11.wordpress.com/2011/01/06/rahasia-game-super-mario-yang-belum-kita-ketahui/
- http://lecturesfromyulius.blogspot.co.id/2017/05/misteri-dan-sejarah-game-super-mario.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/Super_Mario_Bros.
- https://app.jalantikus.com/news/full-screen-mario-game-mario-berbasis-html5/
- http://ade-nova.blogspot.co.id/2011/05/mengenal-karakter-mario-pada-super.html
- http://belajar-unity3d.blogspot.co.id/2015/06/fungsi-fungsi-dari-menu-bar-dan-tab-tab.html
- http://tutorialunity99.blogspot.com/2016/01/bagian-bagian-interface-pada-unity.html
- https://gurusakti.wordpress.com/2012/03/14/berkenalan-lebih-jauh-dengan-game-engine-unity3d-for-beginner/
- http://blog-habibie.blogspot.co.id/2012/04/unity3d-cross-platform-game-engine.html
Mendingan pake unity sih karena jangkauannya lebih luas, tutorialnya lebih terdiversifikasi agar bisa mendapatkan info beasiswa.
BalasHapusYa hitung-hitung juga belajar bikin game, lumayan lah sainsologi