Definisi Game
Dalam kamus bahasa Indonesia “Game” diartikan
sebagai permainan. Permainan merupakan bagian dari bermain dan bermain juga
bagian dari permainan keduanya saling berhubungan. Permainan adalah kegiatan
yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, play dan budaya. Sebuah
permainan adalah sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan,
disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan merupakan
rekayasa atau buatan, dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk
membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan. Game bertujuan untuk
menghibur, biasanya game banyak disukai oleh anak – anak hingga orang dewasa.
Games sebenarnya penting untuk perkembangan otak, untuk meningkatkan
konsentrasi dan melatih untuk memecahkan masalah dengan tepat dan cepat karena
dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut kita untuk
menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Tetapi game juga bisa merugikan karena
apabila kita sudah kecanduan game kita akan lupa waktu dan akan mengganggu
kegiatan atau aktifitas yang sedang kita lakukan.
Game berasal dari kata bahasa inggris yang
berarti dasar permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian
kelincahan intelektual( Intellectual Playability Game) yang juga bisa diartikan
sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Dalam game, ada target-target yang
ingin dicapai pemainnya.
Game Berdasarkan Jenis “Platform”/Alat Yang Di Gunakan
1. Arcade
games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah
/ tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk
jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat
membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi
khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya
tentunya).
2. PC
Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.
3. Console
games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti
Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.
4. Handheld
games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa
kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.
5. Mobile
games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.
Pengertian Game Arcade
Permainan arkade adalah sebuah mesin
permainan hiburan yang dioperasikan dengan koin yang terpasang di tempat-tempat
bisnis umum, seperti restoran, bioskop, bar, dan pusat permainan hiburan.
Bentuk kebanyakan permainan arkade adalah permainan video, mesin pinbol,
permainan elektro-mekanis, dan permainan-permainan berhadiah.
Saat pastinya masih diperdebatkan, zaman
keemasan permainan video arkade biasanya disebutkan pada periode awal sekitar
akhir 1970-an dan berakhir di pertengahan 1980-an. Permainan ini bangkit
sebentar awal 1990-an, tetapi kemudian industri arkade semakin menurun di
belahan bumi barat karena tidak mampu bersaing dengan konsol permainan video
yang dapat dimainkan di rumah dan beragam jenisnya, serta lebih murah dalam
biaya.
Analisa Game Mario Bross : Sejarah Game Mario Bross
Super Mario Bros. (スーパーマリオブラザーズ Sūpā Mario Burazāzu?, dikenal juga sebagai
Mario, Super Mario atau SMB) adalah suatu permainan platform yang dikembangkan
dan diterbitkan oleh Nintendo pada akhir 1985 untuk konsol Nintendo
Entertainment System. Permainan ini membawa pengaruh yang besar pada
perkembangan dunia hiburan rumahan dan merupakan salah satu permainan terlaris
dengan penjualan lebih dari 40 juta salinan hingga saat ini.
Dengan latar permainan yang cerah dan alur
cerita yang berkembang, Super Mario Bros. berhasil mengubah wajah industri
permainan video. Meskipun sering disalah persepsikan sebagai permainan platform
bergulir (scrolling) pertama (yang pada kenyataannya paling tidak ada setengah
lusin permainan serupa yang telah muncul sebelumnya), Super Mario Bros. bisa
dianggap sebagai pelopor jenis permainan tersebut unruk media permainan konsol.
Dengan menyuguhkan tingkat yang berbeda pada setiap babak serta perkembangan
karakter yang unik, permainan ini menjadi salah satu standar dalam permainan
video rumahan.
Analisa Game Mario Bross : Sinposis singkat Game Mario
Bross
Pemain akan berperan sebagai Mario, seorang
lelaki berkumis yang menggunakan pakaian overall merah dengan baju kecokelatan.
Untuk moda dua pemain, permainan dilakukan secara berganti dengan kontrol kedua
sebagai Luigi, adik Mario. Tampilan Luigi hampir sama dengan kakanya, namun
berbeda warna dengan overall putih dan baju hijau. Tujuan permainan adalah menjelajahi
Kerajaan Jamur, menghancurkan dan melawan prajurit Bowser, serta menyelamatkan
Putri Toadstool di tingkat akhir.
Permainan ini terdiri dari 8 tingkatan dengan
4 sub tingkat masing-masingnya (tingkat 1-1 sampai 8-4). Musuh-musuh dalam
permainan ini dihancurkan dengan menginjak sambil melompat. Selama dalam
permainan, Mario akan mendapat koin dan bonus lain dengan menjedotkan balok
bertanda tanya. Untuk menambah tenaga Mario, pemain harus mendapatkan jamur
berwarna merah. Kekuatan Mario juga akan meningkat dan mampu melontarkan
proyektil bila memperoleh bungan berapi. Awalnya pemain hanya diberi 3
kesempatan. Namun kesempatan akan bertambah bila pemain memperoleh jamur
bewarna hijau (1UP) yang biasanya tersebunyi pada tempat tertentu atau
mengumpulkan 100 koin, Jika gagal, terjadilah "Game Over" dan pemain
harus mengulang tingkatan itu dari level pertama.
Analisa Game Mario Bross : Minimum Spesifikasi Game Mario
Bross
The minimum requirements are:
* Processor: Pentium MMX or comparable AMD
* Ram: 64MB
* Video: Direct3D 9.0 compatible graphic
card.
* OS: Windows 98/Me/2000/XP
* Software Installed: DirectX 9.0c or
superior.
Analisa Game Mario Bross : Tujuan Game Mario Bross
Permainan biasanya berlangsung sekitar 3 jam
untuk gameplay secara lengkapnya, tanpa menggunakan Zona Warp, tetapi mudah
completable di sekitar 10 menit dengan warps.
Ending-nya mungkin yang paling berkesan,
karena itu adalah akhir utama dan alur cerita yang digunakan untuk sebagian
besar permainan Mario setelah satu ini:
- 1. Bowser menculik Princess Peach.
- 2. Mario harus berkeliaran di Kerajaan Jamur dan kekalahan Bowser untuk terakhir kalinya.
- 3. Mario menghemat Peach dan mendapat ciuman.
Permainan digantikan oleh sekuel langsung di
Jepang (kemudian diberi judul Super Mario Bros .: The Lost Levels di Amerika
Utara), dan oleh Super Mario Bros 2, port Mario bertema Yume Kojo: Doki Doki
Panic, di tempat lain di dunia.
Analisa Game Mario Bross : Perkenalan Game Mario Bross
Orang biasanya berbicara tentang bagaimana
kerennya memainkan game Mario. Yang terlihat umumnya adalah Game tersebut
sederhana, intuitif, dan mudah dipelajari. Namun, saya tidak melihat banyak mempertanyakan
mengapa game tersebut sangat menarik. Mengapa Mario game sederhana? Mengapa
mereka mudah untuk bermain? Mengapa rasanya begitu menyenangkan ketika Anda
melompat pada kura-kura? Coba kita telusuri lebih dalam.
Untuk memberikan jawabannya, kita perlu
memahami konsep yang disebut 'Analisis Desain Permainan'. Ini adalah ketika
Anda melihat sebuah permainan mekanik dan struktur, ketika mencoba menentukan
bagaimana menggabungkan dan menciptakan sebuah pengalaman menjadi beberapa
pengalaman. Pengembang Game melakukan ini sepanjang waktu sebagai alat
perdagangan mereka.
Saya memutuskan untuk membuat video ini
gameplay Mario yang kemudian berbagi dengan orang lain bagaimana pengembang
game biasanya menganalisa permainan mereka. Tujuan saya adalah untuk tidak memiliki
analisis yang lengkap dan menyeluruh dari gameplay Mario. Itu hanya upaya untuk
memberikan kita mengintip ke dalam proses desain bahwa permainan ini mengambil.
Silahkan tonton video gameplaynya Mario di https://youtu.be/kbZJEIY3hK8.
Analisa Game Mario Bross : Bentuk Kemampuan Pemain
(Mario)
Pengulas umumnya mendefinisikan Mario sebagai
permainan Platforming. Definisi ini berasal dari fakta bahwa pemain
menghabiskan sebagian besar waktu mereka melompat dari tempat ke tempat.
Meskipun deskripsi yang adil, saya akan mengatakan Mario game, lebih khusus
yang pertama, berpusat pada apa yang saya sebut sebagai spasial kemampuan
Pemain (Mario).
Mario memiliki tiga titik acuan utama ketika
datang ke sumbu spasial di sekelilingnya. Di atas, di bawah dan di sisi lainnya
(kanan dan kiri). Semuanya di sekitar pusat permainan di referensikan untuk
mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.
Saya tidak bisa hanya cukup menekankan ini dan anda akan segera memahami
mengapa itu bisa terjadi ketika sudah memainkannya. Kekuatan Tambahan (Power Up)
akan memberikan Mario kemampuan khusus dan yang lebih penting lagi Mario bisa mengubah
elemen kekuatan sekitar dan menembakkan elemen kekuatan itu kepada musuhnya.
Analisa Game Mario Bross : Tipe Musuh dan Cara
menanganinya
Mario dalam tahap awalnya, Awal permulaan
Mario mempunyai kemampuan yang lemah, dalam tingkat ini kita sebut Mario dengan
sebutan Little Mario. Jika musuh di sekitarnya menyentuh dia, ia akan mati
(game over). Kebanyakan musuh dalam permainan mengeksploitasi itu. Mereka semua
memiliki pola yang bergerak pada titik referensi mendekati si Little Mario.
Kategori Musuh ada 2, yaitu Kura-kura (Musuh Mario bernama Turtle) & Goombas
(Musuh Mario berbentuk Bunga Bangkai pemakan Daging). Namun, Little Mario bisa
melompat di atas beberapa musuh untuk membunuhnya, berarti musuh hanya bisa
dibunuh ketika musuh diinjak oleh Little Mario. Musuh tidak menimbulkan ancaman
bagi Little Mario ketika sedang dihadapi dari Arah Atas itu.
Berbeda dengan musuh satunya, ada goombas yang
bermain dengan konsep aturan lain, karena mereka adalah musuh yang dapat membahayakan
Mario saat melompat di atasnya dan di tidak bisa dibunuh hanya dengan
menginjaknya. Ini adalah desain musuh sesuai dengan referensi spasial sekitar
pemain (Mario). Perhatikan juga, betapa mudahnya untuk Mario untuk memahami
mengapa goombas berduri berbahaya ketika melompat, tapi kura-kura tidak.
Jadi kesimpulannya Musuh ada 2 Tipe, pertama
Turtle (Kura-kura) berjalan menghampiri untuk membunuh Mario, cara membunuhnya
dengan diinjak dari arah Atas, sedangkan kedua Goombas (Tanaman Berduri dan Pemakan
Daging) muncul dari bawah tanah atau lorong untuk membunuh Mario, cara
menghindarinya melompat sejauh mungkin agar tidak terkena dan tidak bisa kita
membunuhnya.
Analisa Game Mario Bross : Little Mario, Big Mario, dan
Super Mario
Selanjutnya, Little Mario juga tidak dapat
mematahkan blok batu bata ketika dia memukul mereka dari atas, berarti
jangkauan spasial nya pada tingkat permainan telah berkurang. Jadi intinya Little
Mario hanya bisa menyenggol blok batu bata ketika dia memukul mereka dari bawah
tanpa Blok batu bata hancur, dengan lompatan. Salah satu blok batu bata ada
yang spesial, spesialnya adalah blok batu bata bisa mengeluarkan jamur yang
sangat menguntungkan Little Mario.
Saat ia mendapat jamur setelah menyenggol salah
satu blok batu batanya, Little Mario kemudian berubah menjadi Big Mario.
Meskipun pemain sudah berubah menjadi besar, memukul musuh sama saja seperti Little
Mario dengan cara menginjaknya, dan ketika Big Mario terkena musuh, Big Mario kembali
ke bentuk Mario kecil (Little Mario), sumbu spasial nya kekuasaan masih sama.
Dia lemah dari sisi, tapi kuat dari bawah untuk menghancurkan semua Blok batu
bata dan membunuh 2 Kura-kura sekaligus bila Kura-kura berdekatan.
Perubahan ini jangkauannya pada tingkat
permainan. Dia sekarang dapat mematahkan blok sampai hancur, yang berarti ia
memiliki akses ke daerah-daerah yang tidak memiliki sebelumnya. Dia juga tidak
bisa lagi mengakses jalan sempit yang hanya bisa dilewati Little Mario.
Permainan menyajikan dengan aturan pemain
yang jelas dan logis. benda besar tidak bisa melalui tempat-tempat kecil, dan
Mario besar memiliki kekuatan untuk menghancurkan blok. Sekali lagi,
implementasi lain dari desain intuitif ke dalam struktur gameplay Mario.
Melihat Mario yang tumbuh dalam ukuran yang
lebih besar, mengumpulkan power up adalah cara empati jelas untuk memberitahu
pengguna bahwa sekarang dia lebih kuat dari sebelumnya. Sekarang kita akan
membahas Super Mario, perubahan dari Big Mario.
Sebagai Big Mario, kita harus mencari Bunga Api
(Sun Flower), untuk bisa berubah menjadi Super Mari yang mempunyai kemampuan bisa
melempar bola api. Meskipun efek yang sangat rapi, elemen ini menggabungkan
lagi dengan referensi spasial kemampuan. Dengan daya tembak, Mario tidak lagi
lemah di sisi (arah kanan atau kiri), tapi kuat karena Super Mario bisa
membunuh Musuh dengan cara menembaknya ke arah Kura-kura, bahkan goombas yang
tadinya tidak bisa dibunuh, bisa dibunuh dan bisa mendapatkan Poin. Meskipun
musuh masih menjadi ancaman baginya di sisi (arah kanan atau kiri) karena tanpa
Menembak, ketika Super Mario terkena Serangan Kura-kura dan Duri Goomblas, maka
dia akan kembali mejadi Big Mario, ia bisa mengatasi mereka bila kemampuan menembaknya tepat sasaran.
Memiliki kekuatan seperti itu memungkinkan Mario untuk melemparkan api lurus ke
bawah dan bisa terpantul, misalnya bola dari depan tidak terkena musuh, saat
terpantul di dinding atau blok batu bata, maka pantulan bola api bisa mengenai
musuh dari arah belakang, itu salah satu mekanik gameplay saat ini.
Analisa Game Mario Bross : Tingkatan dalam Game Mario Bross
Permainan ini terdiri dari delapan dunia
dengan empat tingkat di dunia masing-masing. Meskipun masing-masing dunia
berbeda, ada kesamaan dasar: biasanya sub-dunia pertama adalah atas tanah
(overworld) tingkat generik, yang kedua adalah dalam penjara bawah tanah di
Dunia 1 dan 4 atau bawah air pada Worlds 2 dan 7 (atau di yang overworld dengan
tantangan yang unik), ketiga hampir selalu serangkaian platform tergantung
tinggi di langit, dan keempat adalah selalu benteng atau kastil. Dunia ketiga
dan keenam berlangsung di malam hari, dan semua dunia lain berlangsung siang
hari. Pada akhir setiap tingkat benteng, Mario perkelahian "Raja
Koopa" (yang, sampai tingkat akhir, sebenarnya musuh yang lebih rendah
menyamar sebagai Raja Koopa) di sebuah jembatan di atas kolam lava. Dalam dunia
kemudian (dunia 6 sampai 8), Raja Koopa melempar palu serta jet sesekali napas
api. Raja Koopa dapat dikalahkan dalam salah satu dari dua cara: baik dengan
menyentuh kapak di tepi jembatan (sehingga menjatuhkan Raja Koopa ke lava)
atau, seperti Api Mario, melemparkan bola api pada dia untuk mengalahkan dia
secara langsung, mengungkapkan apa musuh menyamar; ini adalah satu-satunya
metode yang dapat digunakan untuk menerima poin untuk kekalahan Koopa ini. Pada
akhir setiap dunia menyimpan terakhir, Mario disambut dengan kata-kata,
"Terima kasih Mario! Tapi putri kita adalah di dalam benteng yang
lain!", Diucapkan oleh jamur pengikut, yang menjadi kutipan populer di
kalangan gamer.
Setelah mengalahkan permainan, pemain
diberikan pilihan untuk memulai permainan lagi di "Mode 'Sulit'", di
mana semua Goombas digantikan oleh Buzzy Kumbang (Koopa musuh Troopa-seperti
yang tidak dapat dibunuh oleh bola api), dan semua musuh berjalan lebih cepat.
Selain itu, lift gaya lift sekitar 60% ukuran aslinya di seluruh. Ada juga
beberapa bahaya di dunia sebelumnya yang hanya muncul di "Hard Mode".
Misalnya, di Dunia 1-3 Bills Bullet acak terbang di layar, bahaya yang biasanya
hanya muncul di tingkat kemudian tertentu.
Pemain bisa mendapatkan ke awal setiap dunia
dengan jumlah yang relatif kecil dari upaya dengan menggunakan zona warp
tersembunyi di sejumlah tingkatan. Salah satunya adalah di tingkat 1-2 dan
dicapai dengan berjalan di blok di bagian atas tingkat melewati pipa keluar. Zona
ini memungkinkan melompat ke dunia 2, 3 dan 4. Dua lainnya adalah di 4-2; satu
tercapai dengan cara yang sama seperti di 1-2 tapi ini hanya memungkinkan akses
ke dunia 5. lainnya dicapai melalui Pohon Kacang yang tumbuh dari blok
tersembunyi dan mengambil pemain ke daerah permukaan yang mengarah ke dunia 6,
7, dan 8.
Analisa Game Mario Bross : Kemampuan Unik Mario yang
terbatas
Sekarang kita membicarakan Kemampuan Unik Mario
saat mendapatkan sebuah Bintang. Bintang ini adalah Sebuah Bintang yang
memberikan kekuatan Unik kepada Mario seperti sebuah perisai, ketika
Musuh-musuh mendekat melewati Mario, maka Bintang yang menyatu pada tubuh Mario
ini akan melindungi Mario sehingga musuh langsung mati saat terkena tubuh Mario
yang berubah menjadi warna kelap kelip emas. Tetapi kekuatan unik ini mempunyai
waktu yang terbatas, jadi Bintang tidak bisa menempel di tubuh Mario selamanya.
Sumbu kekuasaan juga merupakan alat yang
mudah untuk menjelaskan mengapa tingkat bawah laut yang begitu menantang -
Mario tidak memiliki referensi spasial kekuasaan, dia lemah di semua sisi. Para
pengembang meskipun menyadari hal ini dan disajikan pemain baik dengan musuh
yang bergerak perlahan atau dalam gerakan berirama.
Mari kita pindah ke Mario 3 dan mengevaluasi
bagaimana permainan ini ditingkatkan sumbu kekuasaan game asli dibuat. Mario
adalah game platforming pertama di mana pemain bisa gulir keduanya secara
bersamaan secara vertikal dan horizontal. Pencipta permainan bisa dieksplorasi
teknis baru ini dalam berbagai cara, tapi mereka memilih yang paling sederhana
untuk menggunakan - memungkinkan Mario untuk terbang.
Dengan kemampuan terbang baru Mario, ini
ditingkatkan titik referensi spasial dalam segala macam sopan santun dan
pencipta disesuaikan desain game untuk kondisi baru ini.
Daun power up, yang memberikan Mario rakun
suite, meringankan sebagian besar desain baru tantangan game seperti Mario 3
memiliki. Rakun Suite memungkinkan pemain untuk menjelajahi dengan baik terbang
ke atas atau jatuh dari ketinggian yang besar. Poin terakhir ini sangat
penting. Karena rakun Suite menurunkan tingkat di mana pemain jatuh, pemain
dari memiliki kontrol yang lebih besar dari apa Mario lakukan. Ini berarti
bahwa pemain tidak akan merasa terintimidasi jatuh dari ketinggian yang besar;
bahkan di mana dia terbiasa. Hal ini memungkinkan para pengembang membuang
pemain dalam segala macam situasi, sementara memungkinkan pemain untuk
mempertahankan kontrol.
Analisa Game Mario Bross : Tingkat terakhir dalam Game
Mario Bross
Stuck di World 4-4,
World 4-4, adalah salah satu dari delapan
kastil Browser, banyak kebingungan saat gamer bermain pada Level ini.
Karena rasanya sudah jalan begitu jauh tapi Browser sama sekali tidak
ditemukan, bahkan jalan yang kita tempuh selalu kembali lagi dan kembali lagi.
Dulu saya sempat berfikir, nih kaset yang rusak. ternyata untuk menyelesaikan
pada Level ini ada strategy nya, Ssssttt,, ada jalan rahasia untuk bertemu
dengan Browser.
Sumber dan Gambar lebih Detail, Click Here.
Stuck di World 7-4,
Selalu di level dimana Browser berada,
pada World 7-4 ini ada strategynya juga untuk bertemu dengan browser, karena
kalau salah langkah, maka kamu akan kembali lagi dan kembali lagi ketempat
semula hingga Mario/Luigimu mati karena kehabisan waktu.
Sumber dan Gambar lebih Detail, Click Here.
Stuck di World 8-4,
Untuk bertemu dengan Peach kamu wajib
menyelesaikan Level ini, ini adalah Level terakhir pada permainan ini. Sama
dengan World sebelumnya dimana jika salah langkah maka kamu akan kembali dan
kembali lagi ketempat semula hingga Mario/Luigimu mati karena kehabisan
waktu.
Sumber dan Gambar lebih detail, Click Here.
Note : Ada baiknya pada World 8-2
mempersiapkan Mario/Luigimu dapat menyerang lawan menggunakan Bola Api.
Yah, hanya di World 8-2 kamu bisa mempersiapkan ini, karena pada World 8-3
serta World 8-4 kamu gak bakal ketemu sama tumbuhan tersebut. Jujur aja, di
World 8-4 yang bikin susah itu si Hammer Bro. ini karakter yang
paling menyebalkan, karena selain lempar palu dia juga ikut lompat.
Analisa Game Mario Bross : Kontrol dalam Game Mario Bross
- D-pad
- Move character/duck
- A
- Jump
- B
- Run/shoot fireball
- Start
- Pause game (Controller 1 only)
Analisa Game Mario Bross : Pengambilan Poin
- Mushroom - jamur kuning dengan bintik-bintik merah yang mengubah Mario ke Super Mario
- Fire Flower - Glowing bunga yang mengubah Super Mario menjadi api Mario, dan Mario kecil ke Super Mario
- 1-UP Jamur - jamur kuning dengan bintik-bintik hijau yang memberikan pemain kehidupan lain
- Coin - Setiap 100 koin akan memberikan kehidupan ekstra.
World | Level | Setting | Enemies found |
---|---|---|---|
World 1 | 1 | Ground | Goomba, Koopa Troopa |
2 | Underground | Goomba, Koopa Troopa, Piranha Plant | |
3 | Heights | Goomba, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa | |
4 | Castle | Firebar, False Bowser (Goomba) | |
World 2 | 1 | Ground | Goomba, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa, Piranha Plant |
2 | Underwater | Bloober, Cheep-Cheep, Piranha Plant | |
3 | Seaside | Jumping Cheep-Cheep | |
4 | Castle | Firebar, Podoboo, False Bowser (Koopa Troopa) | |
World 3 (night) | 1 | Ground | Goomba, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa, Piranha Plant, Hammer Bro. |
2 | Ground | Goomba, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa, Piranha Plant | |
3 | Heights | Goomba, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa | |
4 | Castle | Firebar, Podoboo, False Bowser (Buzzy Beetle) | |
World 4 | 1 | Ground | Piranha Plant, Lakitu, Spiny |
2 | Underground | Goomba, Koopa Troopa, Piranha Plant, Buzzy Beetle | |
3 | Heights | Koopa Troopa, Koopa Paratroopa | |
4 | Castle | Piranha Plant, Podoboo, Firebar, False Bowser (Spiny) | |
World 5 | 1 | Ground | Goomba, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa, Piranha Plant, Bullet Bill |
2 | Ground/Underwater (secret) | Goomba, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa, Piranha Plant, Buzzy Beetle, Bullet Bill, Hammer Bro. (Bloober, Cheep-Cheep) | |
3 | Heights | Goomba, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa, Bullet Bill | |
4 | Castle | Podoboo, Firebar, False Bowser (Lakitu) | |
World 6 (night) | 1 | Ground | Piranha Plant, Lakitu, Spiny |
2 | Ground/Underwater (secret) | Goomba, Koopa Troopa,Koopa Paratroopa, Piranha Plant, Buzzy Beetle (Bloober, Cheep-Cheep) | |
3 | Heights | Bullet Bill | |
4 | Castle | Podoboo, Firebar, False Bowser (Blooper) | |
World 7 | 1 | Ground | Koopa Troopa, Koopa Paratroopa, Piranha Plant, Buzzy Beetle, Hammer Bro., Bullet Bill |
2 | Underwater | Bloober, Cheep-Cheep, Piranha Plant | |
3 | Seaside | Jumping Cheep-Cheep, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa | |
4 | Castle | Podoboo, Firebar, False Bowser (Hammer Bro) | |
World 8 | 1 | Ground | Goomba, Koopa Troopa, Koopa Paratroopa, Piranha Plant, Buzzy Beetle |
2 | Ground | Goomba, Koopa Paratroopa, Piranha Plant, Buzzy Beetle, Lakitu, Spiny, Bullet Bill | |
3 | Near the castle | Koopa Troopa, Koopa Paratroopa, Piranha Plant, Bullet Bill, Hammer Bro. | |
4 | Castle/Underwater | Goomba, Koopa Paratroopa, Piranha Plant, Firebar, Podoboo, Buzzy Beetle, Hammer Bro., Bloober, Cheep-Cheep, Bowser |
Analisa Game Mario Bross : Manfaat Game Arcade
Game seperti ini sangat cocok dan banyak
digemari anak-anak. Mengapa? Karena menstimulasi otak untuk lebih kreatif dalam
memecahkan permasalahan dengan waktu yang singkat. Alasan lainnya adalah
kontrol permainan biasanya lebih mudah atausederhana (tidak banyak tombol).
Seperti yang disebutkan di awal, game semacam ini mampu membuat otak, mata dan
tangan dapat berkoordinasi dengan baik. Selain itu game seperti ini dapat
membantu anak untuk lebih berkonsentrasi.
"Ending of Game, Thanks for Watching my Analyst Game"
Daftar Pustaka
- Wordpress Definisi Game
https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/ - Analysis Game Nitendo Mario Bross
http://versus-software.com/blog/super-mario-bros-game-design-analysis/ - Encyclopedia Game of Wikia
file:///C:/Users/axioo/Pictures/Super%20Mario%20Bros.%20_%20Encyclopedia%20Gamia%20_%20Fandom%20powered%20by%20Wikia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar